Total Pageviews

Friday, November 26, 2010

Manfaat teknologi informasi dalam dunia pendidikan




Teknologi informasi adalah salah satu perkembangan teknik tenologi yang dicapai manusia.Dalam perjalannya teknologi informasi tidak serta merta menjadi seperti sekarang.butuh proses yang amat panjang dalam pertumbuhannya.
Dahulu manusia berkomunikasi dan bertukar informasi menggunakan bahasa.akan tetapi dengan keterbatasan bahasa seperti jangkauan yang terbatas manusia mulai menggunakan media lain,yaitu gambar. Dengan gambar komunikasi lebih bisa di visualisasikan , daya jangkaunya lebih luas dan informasi yang disampaikan bisabertahan lama. Bukti ini masih dapat kita saksikan pada dinding gua dan candi yang disana banyak terdapat gambar-gambar relief yang mengandung informasi.

Selanjutnya manusia menciptakan huruf dan angka. Dengan huruf dan angka manusia dapat menyampaikan informasi lebih informative ,daya jangkau luas ,bertahan lama serta tidak terbatas ruang dan waktu.
Perkembangan dunia komunikasi manusia sampai sekarang talah sampai pada titik yang disebut teknologi informasi. Banyak sekali pemanfaatan teknologi informasi yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya dalam dunia militer, ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan dalam bidang komunikasi itu sendiri.
Yang penulis akan sorot di sini adalah dalam bidang pendidikan. Karena penulis berpikir bidang ini cocok dibicarakan. Mengingat dunia pendidikan kita masih jauh dari angan-angan.
Di negara maju teknologi informasi telah lama digunakan dan dimanfaatkan. Salah satu metode yang digunakan adalah pembelajaran interaktif. Pembelajaran ini merupakan pembelajaran yang kaya media, kaya informasi dan komunikasi. Dengan menggunakan metode ini manusia bisa belajar dari materi dengan format multimedia. Pembelajaran pun juga menarik, Karena diperkaya dengan gambar, suara, gambar bergerak,bahkan model tiga dimensi. Yang paling penting adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam bidang pendidikan ,kegiatan belajar mengajar tidak hanya terbatas dalam ruang atau kelas saja. Interaksi tersebut bisa lintas daerah, negara, atau bahkan lintas benua.
Survey di inggris dengan kualitas guru yang baik,dan system pembelajaran yang interaktif dapat meningkatkan kualitas pemehaman belajar 40 % sampai 60% dari pada belajar di kelas dengan kualitas guru yang sama akan tetapi tanpa media apapun

No comments:

Post a Comment