Total Pageviews

Friday, November 26, 2010

Perangkat lunak open source



Dalam kehidupan sehari-hari kita yang berkutat dengan komputer mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi untuk menujang pekerjaan.seperti Microsoft office, adobe photoshop, visio, corel draw, outlook exspress, serta masih banyak lagi.
Tapi tahukah bahwa semua aplikasi-aplikasi tersebut memiliki lisensi yang sangat mahal dan tentunya jika kita ingin menggunakan aplikasi legal tersebut berarti kita harus berinvestasi mahal dalam setiap komputer yang kita gunakan? Namun di sisi lain tentunya kita tidak mau melanggar hukum, bukan!
Oleh karena hal tersebut, banyak sekali aplikasi open source. Source code adalah apliaksi berbasis freeware yang kode sumber atau source codenya bisa kita dapatkan atau kembangkan sesuai aturan yang berlaku.Open source bisa kita pakai sebagai alternative. Aplikasi ini dibuat dan dikembangkan oleh komunitas yang saling bertukas informasi untuk menjadikan aplikasi ini lebih baik.

Beberapa contoh aplikasi open source adalah :
1. Linux
Linuk merupakan aplikasi OS yang bisa menggantikan windows. Pertama kali dikembangkan oleh Linus Trovald. Banyak sekali varian linux yang sudah beredar di masyarakat umum dan tentunya sudah sangat bagus seperti ubuntu, fedora, red hat, dan lain-lain
2. Openoffice
aplikasi ini cocok untuk menggantikan Microsoft windows anda. Dikembangkan
oleh sebuah perusahaan Sun Microsystem namun tersedia secara gratis. Dalam
paketnya tersedia aplikasi-aplikasi yang mirip Microsoft office. Seperti
calc, draw, impress, base, dan lainnya
3. GIMP
GIMP adalah aplikasi pengolah gambar layaknya photosop atau corel. Dengan GIMP anda bisa mengolah foto dan gambar, menyimpannya dalam format file gambar.
4. DIA
Yang sering bekerja dengan corel tentu aplikasi tersebut sangat bagus dan powerfull. Namun tahukah anda bahwa anda juga bisa melakukanya dengan menggunakan aplikasi DIA. Dengan aplikasi ini anda bisa membuat berbagai diagaram yang menarik.dan tentunya aplikasi ini legal dan gratis.

Semua perangkat lunak dia atas (kecuali Linux) bisa di jalankan diatas platform Windows. Sangat menarik bukan, disamping gratis, legal, aplikasi ini bersifat multiplatform.
Selain diatas masih banyak perangkat lunak open source yang bisa anda gunakan.
Meskipun open source gratis tapi dari segi kualitas tidak mngecewakan.Bagi anda yang baru menggunakan tentu sedikit membingungkan karena memang desain dan tata letaknya berbeda dengan aplikasi komersial.Tetapi jika anda mau mencoba ,lama-lama tentu akan terbiasa.Bahkan perusahaan-perusahaan besar sudah mulai menggukan aplikasi open source ini.Keuntunganya anda tidak akan dibebani dengan biaya lisensi yang mahal serta beban moral karena penggunaan aplikasi ilegal. Selamat mencoba…!!!

No comments:

Post a Comment