Total Pageviews

Wednesday, March 23, 2011

MEMPERKUAT KETAHANAN NASIONAL DALAM ERA MODERN


Di dunia ini, kita hidup dengan bermacam bangsa dan berbagai Negara. Setiap bangsa memiliki ciri masing-masing yang membedakan dari bangsa-bangsa lainnya. Kita sebagai salah satu bangsa harus menjaga setiap elemen bangsa kita. Karena bangsa yang besar dan di segani adalah bangsa yang memiliki ketahanan dari berbagai gangguan.

Dan gangguan-gangguan itu akan selalu ada di dalam usaha kita untuk mewujudkan cita-cita bangsa. Dari sini bisa diuraikan bahwa gangguan –gangguan yang ada bisa muncul dari luar/ eksternal dan gangguan dari dalam/internal. Gangguan dari luar tak lain adalah gangguan dari pihak atau bangsa lain. Sedangkan gangguan dari dalam adalah gangguan yang mucnsul dari dalam negeri dan sifatnya tertutup Ini akan lebih sulit dalam mencari sumber-sumber gangguan tersebut. Akan tetapi gangguan-gangguan inilah yang akan menjadi pemicu kita untuk bisa mewujudkan ketahan nasional yang utuh.

Dilihat dari sudut pandang umum, ketahanan nasional akan selalu indentik dengan peran kekuatan militer. Mengapa begitu? Karena militer adalah elemen yang paling utama dan berada di garis depan untuk mebela dan mempertahankan ketahan nasional.Contohnya adalah Amerika, negara super power ini memliki ketahan nasional yang kuat, dan ini tidak lepas dari kekuatan militer mereka yang disegani di dunia. Akan tetapi sebenarnya tidak lah selau begitu, militer bukanlah satu-satunya ancaman yang bias melemahkan ketahanan nasional. Berbagai masalah bisa saja melemahkan ketahan nasional. Lalu apa yang bisa menjadi ancaman ini? Di dalam dunia ekonomi bisa juga melemahkan ketahan nasional kita.. Tidak adanya usaha memperkuat perekonomian nasional akan mengancam ketahanan ekonomi nasional. Contohnya adalah kurangnya rasa cinta dalam menggunakan roduk-produk lokal. Contoh lainya adalah ketahan pangan di dalam dunia pertanian. Sebagai Negara agraris harusnya kita bisa mewujudkan ketahan pangan dengan mandiri, dan tidak selalu bergantung pada impor produk pertanian dari asing. Jika dilihat dari potensi yang kita miiki , kita memiliki kekayan alam yang melimpah, dan ini adalah modal utama kita dalam mewujudkan ketahan nasional terutama dalam bidang pangan dan pertanian.

Untuk mewujudkan ketahan nasional harus ada suatu pokok-pokok pikiran dasar. Diantaranya adalah:
1. Manusia berbudaya
Manusia adalah mahluk Tuhan yang pertama-tama berusaha menjaga, mempertahankan eksistensi dan kelangsungan hidupnya. Oleh karena itu, manusia berusaha memenuhi kebutuhan hidupnya dari yang paling pokok sampai yang paling mutakhir baik yang materiil maupun spiritual
2. Tujuan nasioanl falsafah bangsa dan ideologi nasional
Tujuan nasional menjadi pokok pikiran dalam ketahanan nasional karena suatu organisasi apapun bentuknya dalam kegiatan akan selalu berhadapan dengan masalah-masalah yang internal dan ekternal, demikian pula dengan negara dalam mencapai tujuannya. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu situasi dan kondisi yang siap untuk menghadapinya

Ketahana nasional Indonesia.
Bagaimana ketahan nasioanl kita di masa sekarang dalam setiap aspeknya? Ketahanan Nasional mempunyai rumusan baku dalam upayanya menghadapi dinamika perkembangan dunia dari masa ke masa.
Pengertian baku Ketahanan Nasional bangsa Indonesia adalah kondisi bangsa Indonesia yang menyeluruh dari kehidupan nasional yang terintegrasi, berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional, dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan, ancaman, hambatan dan gangguan baik yang datang dari luar maupun dari dalam. Guna menjamin identitas , integritas, kelangsungan hidup bangsa dan negara serta perjuangan mencapai tujuan nasional.
Oleh karena itu, Ketahanan Nasional adalah kondisi hidup dan kehidupan nasional yang harus senantiasa diwujudkan dan dibina secara terus-menerus. Langkagnya dimulai dari lingkungan terkecil yaitu diri pribadi, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara dengan modal dasar keuletan dan ketangguhan yang mampu mengembangkan kekuatan nasional.
Konsepsi Ketahanan Nasional Indonesia adalah konsepsi pengembangan kekuatan nasional melalui pengaturan dan penyelenggaraan kesejahteraan dan keamanan yang seimbang, serasi dan selaras dalam seluruh aspek kehidupan berlandaskan Pancasila, UUD 1945 dan Wawasan Nusantara. Dengan kata lain, konsep Ketahanan Nasional Indonesia merupakan pedoman (sarana) untuk meningkatkan (metode) keuletan dan ketangguhan bangsa yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional, dengan pendekatan kesejahteraan dan keamanan.
Kesejahteraan dapat digambarkan sebagai kemampuan bangsa dalam menumbuhkembangkan nilai-nilai nasionalnya, demi sebesar-besar kemakmuran yang adil dan merata, rohaniah dan jasmaniah. Sementara itu, keamanan adalah kemampuan bangsa dan negara untuk melindungi nilai-nilai nasionalnya terhadap ancaman dari luar maupun dari dalam.
Hakikat Ketahanan Nasional Indonesia adalah keuletan dan ketangguhan bangsa yang mengandung kemampuan mengambangkan kekuatan nasional untuk dapat menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara dalam mencapai tujuan nasional.
Hakikat konsepsi Ketahanan Nasional Indonesia adalah pengaturan dan penyelenggaraan kesejahteraan dan keamanan secara seimbang , serasi dan selaras dalam aspek hidup dan kehidupan nasional.

No comments:

Post a Comment