Total Pageviews

Friday, January 20, 2012

Perancangan Sistem


BAB 13

Perancangan sistem adalah merancang atau mendesain suatu sistem yang baik, yang isinya adalah langkah-langkah operasi dalam proses pengolahan data dan prosedur untuk mendukung operasi sistem.
Menurut Jogiyanto. HM,(1991), dalam bukunya Analisis Dan Disain Sistem, Perancangan sistem dapat diartikan sebagai berikut :
1.      Tahap setelah analisis dari siklus pengembangan sistem
2.      Pendefinisian dari kebutuhan-kebutuhan fungsional
3.      Persipan untuk rancang bangun implementasi
4.       Menggambarkan bagaimana suatu sistem dibentuk
5.      Yang dapat berupa penggambaran perencanaan dan pembuatan sketsa atau pengaturan dari beberapa elemen yang terpisah ke dalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi.
6.      Termasuk menyangkut mengkonfigurasi dari komponen perangkat keras dari suatu sistem.

13.1 Langkah-langkah Perencanaan Sistem
Adapun langkah-langkah dalam perancangan sistem meliputi :
1.      Physical System : Physical system berupa bagan alir sistem ( System Flowchart ) ataupun bagan alir dokumen ( Document Flowchart ).
2.      Logical Model
Logical Model dapat digambarkan dengan menggunakan diagram arus data atau ( DFD ). DFD digunakan untuk menggunakan sistem yang telah ada atau sistem baru yang akan dikembangkan secara logika.

13.2 Pertimbangan-Pertimbangan Perancangan Sistem
Tujuan dari desain sistem secara umum adalah untuk memberikan gambaran secara umum kepada user tentang sistem yang baru.. Desain secara umum mengidentifikasikan komponen-komponen sistim informasi yang akan didesain secara rinci. Desain terinci dimaksudkan untuk pemrogram computer dan ahli teknik lainnya yang akan mengimplementasi sistem. Pada tahap desain secara umum, komponen-komponen sistem informasi dirancang dengan tujuan untuk dikomunikasi kepada user bukan untuk pemrogram. Komponen sistem informasi yang didesain adalah model, output, input, database, teknologi dan kontrol.

13.3 Teknik-teknik Perancangan
Perancangan Sistem dapat dibagi dalam dua bagian yaitu :
  1. Perancangan sistem secara .umum/perancangan konseptual, perancangan
    logikal/perancangan secara makro.
  2. Perancangan sistem terinci / perancangan sistem secara phisik.

No comments:

Post a Comment