Total Pageviews

Thursday, January 19, 2012

PERENCANAAN DAN ANALISIS SISTEM


BAB 12

Analisis Sistem menjabarkan suatu sistem informasi yang utuh ke dalam komponennya dengan maksud untuk mendapatkan fungsi dan kendala .Tahap analisis dilakukan setelah tahap perencanaan sistem dan sebelum tahap desain sistem. Perencanaan sistem mengidentifikasikan sistem informasi penting yang strategis dalam organisasi untuk melihat kesempatan memanfaatkan teknologi informasi dan membangun proyek sistem yang mendukung tujuan bisnis

12.1 Pengertian Perencanaan Sistem dan Analisis Kelayakan
Pengertian Perencanaan sistem adalah proses membuat sebuah Laporan Perencanaan Sistem yang menggunakan sumber sistem informasi yang berhubungan dan mendukung tujuan bisnis dan operasi organisasi. Perencanaan system berhubungan dengan perencanaan bisnis. Kerugian yang ditimbulkan bila perencanan sisitem buruk adalah :

a)      Kehilangan kesempatan untuk memanfaatkan faktor strategis PDM
b)      cost tinggi
c)      proyek terhambat karena tidak ada waktu yang cukup untuk mengimplementasikan tugas, seperti persiapan lapangan, ujicoba, pelatihan dan konversi
d)     Salah penjadwalan selama proses produksi
e)      Kehilangan kredibilitas user

12. 2 Langkah-Langkah Analisis Sistem
Perencanaan sistem terdiri dari perencanaan jangka pendek (1-2 tahun) dan jangka panjang ( - 5 tahun). Yang menangani perencanaan sistem meliputi :
1.      Planning staff
2.      Departemen pengembangan sistem atau konsultan pengembangan sistem di luar perusahaan
3.      Departemen pengolahan data atau dapat digabung dengan departemen akuntansi.

Proses Perencanaan Sistem Dikelompokkan dalam 3 proses utama, yaitu :
1.      Merencanakan proyek sistem yang dilakukan oleh staff perencanaan
2.      Menentukan proyek sistem yang akan dikembangkan oleh komite pengarah
3.      Mendefinisikan proyek sistem yang dikembangkan oleh analis sistem.

Perencanaan Sistem dan analisis kelayakan mencangkup 7 tahap yaitu :
1.      Pembahasan dan perencanaan pada tingkat manajemen puncak
2.      Penetapan dewan pengarah perencanaan system
3.      Penetapan tujuan dan batasan keseluruhan
4.      Pengembangan perencanaan system informasi strategis
5.      Identifikasi dan pemrioritaskan area spesifik dalam organisasi sebagai focus pengembangan system
6.      Pembuatan proposal system untuk mendukung dasar analisis dan perancangan awal sub system tertentu
7.      Pembentukan tim untuk tujuan analisis perancangan awal system

Tujuan Analisis Kelayakan adalah :
a)      Menentukan kemungkinan keberhasilan solusi yang diusulkan.
b)      Berguna untuk memastikan bahwa solusi yang diusulkan tersebut benar benar dapat dicapai dengan sumber daya dan dengan memperhatikan kendala yang terdapat pada perusahaan serta dampak terhadap lingkungan sekeliling

12. 3 Teknik-Teknik Pengumpulan Fakta
Fakta merupakan bagian dari informasi yang menunjukkan realita , situasi, dan relasi yang menjamin analisis permodelan.
Ada tiga sumber yaitu :
a)      Sistem yang berjalan : menyediakan kesempatan untuk menetukan apakah sistem yang ada ,perlu sedikit perbaikan, membutuhkan pemeriksaan yang besar, atau diganti.
b)      Sumber internal lainnya : Sumber utama menggunakan system yang baru dan sumber kedua didapat dari dokumen kerja yang ada dalam organisasi.
c)      Sumber eksternal : informasi yang berasal dari luar organisasi


Pengembangan teknik pengumpulan data adalah :
a)      Interview (Wawancara) : teknik pengumpulan data dengan jalan mengadakan komunikasi dengan sumber data. Komunikasi tersebut dilakukan dengan dialog (Tanya jawab) secara lisan, baik langsung ,maupun tidak langsung.
b)      Teknik Observasi : adalah pengamatan langsung para pembuat keputusan berikut lingkungan fisiknya dan pengamatan langsung suatu kegiatan yang sedang berjalan
c)      Daftar Pertanyaan (Quisioner) : Suatu daftar yang berisi pertanyaan-pertanyaan untuk mengumpulkan data dan pendapat dari para responden.
d)     Teknik Pengumpulan Sampel (sampling ) : Sebagian atau wakil populasi yang diteliti. Dinamakan penelitian sampel apabila kita bermaksud untuk menggeneralisasikan penelitianTeknik Pengorganisasian Fakta

12. 4 Teknik-Teknik Mengorganisasikan Fakta
Beberapa teknik untuk mengorganisasikan fakta terdiri dari :
1.      Analisis pengukuran kinerja
2.      Analisis Distribusi kerja
3.      Analisis Fungsional
4.      Analisis Matriks


No comments:

Post a Comment