Total Pageviews

Monday, June 10, 2013

ILMU BUDAYA DASAR MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB



  1. Kebutuhan manusia itu meliputi apa saja? Coba jelaskan!
   Kebutuhan adalah suatu keadaan yang ditandai oleh perasaan kekurangan dan ingin diperoleh sesuatu yang akan diwujudkan melalui suatu usaha atau tindakan.
   Kebutuhan manusia dibagi menjadi beberapa jenis :
a)      Menurut intensitas kegunaan
·        Primer : Kebutuhan primer disebut juga kebutuhan pokok atau dasar, yaitu kebutuhan yang harus dipenuhi karena sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Kebutuhan ini meliputi makanan, pakaian, dan perumahan (pangan, sandang dan papan).
·         Sekunder : Kebutuhan sekunder adalah merupakan jenis kebutuhan yang diperlukan setelah semua kebutuhan pokok primer telah semuanya terpenuhi dengan baik. Kebutuhan sekunder sifatnya menunjang kebutuhan primer.
·    Tersier : Kebutuhan tersier adalah kebutuhan manusia yang sifatnya mewah, tidak sederhana dan berlebihan yang timbul setelah terpenuhinya kebutuhan primer dan kebutuhan skunder.
b)      Menurut Sifat
·     Jasmani : Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang diperlukan oleh jasmani atau badan.
·         Rohani : Kebutuhan Rohani adalah kebutuhan yang diperlukan oleh rohani atau jiwa.
c)      Menurut bentuk
·    Material : Kebutuhan material adalah kebutuhan yang berbentuk benda material atau benda berwujud, seperti tas, makanan, rumah, pakaian, dan lain-lain
·      Immaterial : Kebutuhan immaterial adalah kebutuhan yang berbentuk benda immaterial atau benda yang tak berwujud, seperti nasihat ulama, penjelasan guru, hiburan, petunjuk dokter, dan lain-lain
d)     Menurut waktu
·     Sekarang : Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang pemenuhannya tidak dapat ditunda dan harus dipenuhi saat kebutuhan tersebut dirasakan.
·     Masa depan : Kebutuhan masa depan adalah kebutuhan yang pemenuhannya dapat ditunda, karena dibutuhkan pada saat yang akan datang.
·       Tidak tentu waktunya : Kebutuhan ini disebabkan sesuatu yang terjadi secara tiba-tiba / tidak disengaja yang sifatnya insidental.
e)      Menurut subyek
·         Individu : Kebutuhan individu adalah kebutuhan yang harus dipenuhi secara individu
·         Kualitatif/ bersama : Kebutuhan kolektif adalah kebutuhan yang harus dipenuhi untuk kepentingan bersama dan dilakukan secara bersama-sama.

  1. Unsur-unsur wajib untuk mencari arti hidup itu meliputi apa saja? Jelaskan!
      Unsur-unsur wajib untuk mencari arti hidup itu meliputi:
·     Manusia harus berani menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang terdalam itu dengan sikap terbuka. Manusia harus mencari kebenaran, jika sudah mengetahui jawabannya, manusia harus benar-benar mempertanggung jawabkannya.
·  Manusia harus berani mengadakan konfrontasi antara pandangan hidupnya dengan macam-macam soal dan pendapat baru yang timbul di lapangan.
·         Bila manusia merasa sudah mempunyai pegangan yang dapat dipertanggung jawabkan maka manusia harus berusaha membangun hidupnya sesuai dengan pandangannya itu.

  1. a)Apakah yang disebut dengan tanggung jawab?
      Tanggung jawab menurut kamus umum bahasa Indonesia adalah, keadaan wajib    menanggung segala sesuatunya. sehingga bertanggung jawab adalah berkewajiban   menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya, dan memberikan         jawab serta menanggung akibatnya.

      b)Sebutkan dan jelaskan macam-macam tanggung jawab dan berilah contoh!

      Macam-macam tanggung jawab :
·       Tanggung jawab terhadap diri sendiri, contoh : Ketika kita mnegendarai sepeda motor dengan ugal-ugalan dan kita terjatuh maka kita harus menanggung akibat yang didapat.
·   Tanggung jawab terhadap keluarga, contoh : seorang ibu hidup dengan tiga anak, karena suaminya meninggal dia harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup anak-anaknya.
·     Tanggung jawab terhadap masyarakat contoh : seorang ketua RT yang menjabat saat itu di daerah tempat tinggalnya harus bertanggung jawab sepenuhnya terhadap kesejahteraan warganya.
·       Tanggung jawab terhadap bangsa dan Negara contoh : pada zaman penjajahan dahulu, para pemuda Indonesia bertanggung jawab untuk membela negara, turut berperang untuk memerdekakakn Negara.
·  Tanggung jawab terhadap Tuhan contoh : manusia telah di beri kehidupan yang sangat mencukupi dan layak. semua itu atas pemberian sang pencipta yaitu Allah SWT. Maka kita wajib untuk menjaga dan merawatnya.

  1. a) Coba jelaskan tentang arti pengabdian!
      Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat ataupun tenaga   sebagai perwujudan kesetiaan, cinta kasih , kasih sayang, hormat,atau satu ikatan      dan semua itu dilakukan dengan ikhlas. Pengabdian itu pada hakekatnya adalah   rasa tanggung jawab.
     
      b) Apakah sama antara pengabdian dan bantuan? Jelaskan!

      Pengabdian berbeda dengan bantuan. Seperti yang dijelaskan di atas bahwa           pengadian perbuatan yang dilakukan dengan ikhlas berdasar cinta kasih dengan      ketaatan yang tinggi. Dan bantuan adalah perbuatan yang berupa, pikiran dan   tenaga namu tanpa didasari rasa cinta kasih yang besar seperti pada pengabdian.

  1. a) Apa arti pengorbanan?
      Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat ataupun tenaga   sebagai perwujudan kesetiaan, cinta kasih , kasih sayang, hormat,atau satu ikatan      dan semua itu dilakukan dengan ikhlas. Pengabdian itu pada hakekatnya adalah   rasa tanggungjawab.

      b) Sebutkan macamnya dan berilah contoh!
      Macam-macam Pengorbanan
·         pengorbanan harta benda
·         pengorbanan pikiran
·         pengorbanan perasaan
·         pengorbanan tenaga

Contoh Pengorbanan : Seorang hartawan rela mengorbankan  untuk memberikan setengah hartanya untuk pembangunan sekolah.

No comments:

Post a Comment