Total Pageviews

Wednesday, April 17, 2013

Eksistensi Kebudayaan Leluhur di Zaman Modern




Leluhur bangsa Indonesia dikatahui melalui sebuah penelitian berasal dari bangsa yang bermigrasi ke asia tenggara. Berbagai pendapat diungkapkan oleh para ahli seperti Prof.Dr.H.Kern Menyatakan bahwa bangsa Indonesia berasal dari daratan Asia .Hal ini didukung dengan bukti bukti penggunaan bahasa. Bahasa-bahasa yang dipergunakan di   Indonesia, Polynesia, Melanesia berasal dari satu akar  bahasa yang sama yaitu bahasa Austronesia, penelitian Kern ini terutama ditujukan pada kesamaan nama-nama binatang dan alat perang.  Kemudian pendapat Prof.Dr.Kroom, asal-usul bangsa Indonesia adalah dari Asia Tengah, pendapat ini didasarkan pada bukti bahwa didaerah Cina tengah banyak terdapat sungai-sungai yang besar yang menjadi sumber kehidupan manusia.Dari sini mereka menyebar ke Indonesia pada sekitar tahun 2000 SM sampai tahun 1500 SM. Ada juga pendapat dari Hogen. Bangsa yang mendiami daerah pessisir Melayu berasal dari Sumatera. Bangsa ini bercampur  dengan bangsa Mongol kemudian disebut sebagai bangsa Proto Melayu dan Deutro Melayu.
Kebudayaan dan kebiasaan hidup para leluhur masa itu banyak dipengaruhi oleh kebudayaan Hindu. Yaitu kebudayaan yang pertama kali masuk ke Indonesia. Dahulunya masyarakat leluhur menganut kepercayaan animisme dan dinamisme. Lambat laun kebudayaan bangsa leluhur seiring waktu berjalan berasimilasi dengan kebudayaan baru.

Semakin maju jaman maka semakin mudah pula arus informasi yang didapat oleh masyarakat. Hal ini juga mempengaruhi budaya manusia jaman modern dalam melakukan adat budaya para leluhur. Budaya para leluhur yang sampai sekarang masih ada adalah budaya gotong royong. Di desa-desa, pelosok, kampong-kampung kebiasaan gotong royong ini masih lestari. Namun di daerah perkotaan kebiasaan ini lama kelamaan mulai ditinggalkan Kehidupan kota memang begitu mudah menerima kebudayaan dari luar yang masuk. Rasa kebersamaan orang-orang kota sudah mulai hilang. Andaikan masih ada mungkin hanyalah orang-orang yang kenal dekat atau merasa berasal dari satu daerah saja.

Jika di lihat dan diamati mengapa kebudayaan leluhur sudah mulai ditinggalkan? Hal ini didasar oleh beberapa faktor baik internal maupun eksternal. Contoh nyata kebudayaan yang sudah lama mulai ditinggalkan adalah kebudayaan bersih desa, di kampung di daerah perkotaan kebudayaan ini sudah tidak ada. Bahkan hanya sekedar kerja bakti membersihkan lingkungan sendiri pun sudah mulai jarang ditemui. Padahal kebiasaan ini sangat baik pengaruhnya untuk lingkungan sekitar dan pergaulan sosial.

Dari berbagai segi, jika dimaknai secara mendalam banyak sekali manfaat yang didapat dari adat budaya yang ditinggalkan oleh para leluhur. Namun manusia sekarang jarang menyadari dikarenakan gaya hidup manusia modern yang cenderung mudah menerima kebudayaan luar tanpa memilah-milah. Lalu sampai kapan kebudayaan leluhur yang dahulu akan terus terjaga? Andaikan tidak ada lagi yang peduli maka lama kelamaan kebudayaan itu akan hilang tergerus oleh modernisasi jaman.

No comments:

Post a Comment